Tuesday, December 20, 2016

Manfaat Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

Kalsium itu apa sih? Apakah itu adalah kandungan di dalam susu? Ya memang benar bahwa susu mengandung kalsium yang tinggi. Lalu, kalsium  sendiri itu apa? Kalsium atau yang biasa disingkat dengan Ca adalah makro mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfat kalsium  sangat banyak bagi tubuh. Fungsi utama dari makro mineral ini adalah untuk pembentukan tulang dan gigi. Seseorang membutuhkan kadar kalsium yang berbeda sesuai usianya. Misal balita membutuhkan 400-800 mg per hari dan dewasa membutuhkan 800-1.000 mg per hari. Hal yang menarik, bahwa ibu hamil membutuhkan asupan kalsium yang lebih tinggi yaitu sekitar 1.200 mg per hari.

Mengapa demikian? Karena ibu hamil harus memenuhi kebutuhan kalsium untuk dua orang yaitu dirinya sendiri dan juga janin yang ada dalam perutnya. Sejak masih di dalam perut, memang kalsium sudah harus diberikan. Hal itu untuk membantu pembentukan tulang sejak dini. Kalsium yang memang berperan utama dalam pembentukan tulang, sudah selayaknya diberikan kepada janin agar tulang yang mulai bertumbuh pada seorang janin akan terbentuk dengan sempurna.

Ketika janin lahir dan tumbuh menjadi balita lalu anak-anak, asupan kalsium juga harus disesuaikan. Selama pertumbuhan anak, kandungan kalsium yang tinggi memang dibutuhkan agar tulang menjadi kuat. Jika sejak kecil seseorang tidak mendapat asupan kalsium yang baik, ketika dewasa atau tua bisa mengalami gangguan kesehatan tulang.

Yang paling terkenal adalah osteoporosis atau tulang keropos. Jika seseorang sudah mengalami osteoporosis, kegiatan sehari-hari akan terganggu karena tulang di dalam tubuhnya tidak kuat lagi. Gangguan kesehatan tulang yang lainnya adalah penyusutan tulang pada saat hamil dan menyusui untuk para wanita. Jika kebutuhan kalsium tidak dipenuhi dengan baik, akan terasa nyeri pada tulang. Tidak hanya pada saat hamil dan menyusui, untuk para wanita yang sedang haid, jika asupan kalsiumnya kurang, akan mengalami rasa sakit yang luar biasa.

Hal ini disebabkan oleh lemahnya dinding rahim yang kekurangan kalsium. Kalsium juga bisa menahan kuatnya dinding rahim, jadi jika pada saat haid dan dinding rahim luruh, kalsium dapat membantu mengurangi rasa sakitnya. Untuk orang yang sudah tua, asupan kalsium juga harus tinggi karena tulang sudah tidak sekuat seperti dulu. Jika kekurangan kalsium, maka orang yang sudah tua akan mengalami gangguan kesehatan tulang.
Jadi, sudah jelas bahwa kalsium itu sangat penting untuk kesehatan tulang. Kebutuhan kalsium harus dipenuhi sejak seseorang masih di dalam rahim hingga seseorang itu menu.

1 comment:

  1. Infonya sangat bermanfaat. Susu kambing juga memiliki Kandungan kalsium. Manfaat susu kambing etawa sangat banyak.

    ReplyDelete